PhotoChooser-87cf7223-9213-421e-ae89-af74ea8881

Tim debat HI UMY pada Asian English Olympics 2014, Binus University, Jakarta.

Tim debat Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY) sukses melaju ke perempat final kompetisi debat se-Asia, Asian English Olympics 2014. HI UMY mengirimkan 3 debaters terbaiknya, yakni Asep Suryana (HI 2012), Bimo Satryo Wibowo (HI 2012), dan Muhammad Iqbal D (HI 2013), pada kompetisi debat bergengsi yang diselenggarakan oleh Binus University, Jakarta, ini.

“Rangkaian acaranya berlangsung sejak tanggal 18 hingga 22 Februari 2014”, terang Asep Suryana, salah satu delegasi HI UMY yang juga anggota aktif Korps Mahasiswa Hubungan Internasional (KOMAHI).

Menurutnya, kompetisi debat kali ini terasa istimewa sebab lawan-lawan yang dihadapi adalah tim-tim debat terbaik yang ada di kawasan Asia. Juri-juri dengan level internasional pun dipercaya mengawal kompetisi debat ini dari awal hingga akhir. Hal ini tentu saja semakin memacu rasa adrenalin untuk mengeluarkan seluruh kemampuan yang dimilikinya. Meskipun sebelum bertolak ke Jakarta, tim debat HI UMY sudah dibekali materi-materi yang berbobot, namun tetap saja, Asep –sapaan akrabnya-, mengaku sempat dilanda rasa nervous.

“Puji syukur, Alhamdulillah, setelah melewati perjuangan yang keras, tim kami berhasil melaju ke perempat final”, jelasnya.

Semangat berprestasi di kancah internasional ini hendak ditularkan tim debat HI UMY ke mahasiswa-mahasiswa HI UMY lainnya. Hal ini dikarenakan, menurutnya, akan ada banyak manfaat yang diperoleh.

“Antara lain meningkatkan kepercayaan diri, soft skill, serta melatih critical thinking terhadap perkembangan isu-isu dunia internasional.”, tutupnya. (diah)