Program studi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY) bekerja sama dengan Mer-C (Medical Emergency Rescue Committee) DIY menyelenggarakan seminar bertema “Krisis Kemanusiaan Rohingnya”, di ruang Amphi Theater, Gedung KH. Ibrahim E7 B, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, pada tanggal 11 September 2017. Seminar ini juga merupakan sebuah upaya dalam menyelesaikan problem kemanusian Rohingnya dan bentuk dari tanggung jawab masyarakat sipil.

Seminar ini menghadirkan Dr. Arief Rachman selaku Presidium Mer-C Indonesia sekaligus pembicara tamu. Kemudian hadir juga Ibu Rahmawati Husein, B.A., M.C.P., Ph.D selaku Dosen Magister Ilmu Pemerintahan UMY, dibarengi juga oleh Ali Muhammad, M.A.,Ph.D dan Dr. Sidik Jatmika, M.Si selaku Dosen Hubungan Internasional UMY. Moderator pada seminar ini adalah Ibu Dr. Nur Azizah, M.Si yang mana juga sebagai Ketua Program Studi Hubungan Internasional UMY.

Pada akhir acara seminar kali ini dilakukan penandatanganan MoU antara Prodi Hubungan Internasional UMY dengan Medical Emergency Rescue Committee (Mer-C) DIY, kemudian pemberian kenang-kenangan dari Mer-C DIY kepada Prodi Hubungan Internasional UMY dan pemberian sumbangan dari KOMAHI kepada Mer-C DIY untuk masyarakat Rohingnya. (adhi,fauziah)

Dr. Arief Rachman sedang menyampaikan materi seminar “Krisis Kemanusian Rohingnya”