Prodi Hubungan Internasional UMY patut bersyukur karena salah satu mahasiswinya berhasil memenangkan lomba video kreatif hari perempuan sedunia 2019 yang diadakan oleh Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI). Nama dari mahasiswi ini adalah Anissa Sopiah yang merupakan mahasiswi HI angkatan 2018. Selain Anissa, ada dua orang pemenang lagi, yakni Muthia dan Kukuh. Dilihat dari laman instagram resmi Kemenlu RI, ketiga pemenang tersebut berkesempatan untuk bertemu langsung dengan Ibu Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri Republik Indonesia.

Menurut Anisaa, hal yang membuatnya bisa menjadi pemenang adalah karena konsep dan ide video yang lebih baru dan fresh dibandingkan dengan peserta lainnya. Selain konsep dan ide video, Anissa juga memiliki nilai lebih, seperti pernah terlibat dalam kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesetaraan gender. Selain itu, Anissa juga memiliki pengetahuan lebih tentang permasalahan gender dan isu-isu yang berkaitan dengan perempuan, seperti perkembangan posisi perempuan dalam jabatan politik.

Sewaktu SMP, Anissa juga ikut aktif berpartisipasi dalam Forum Anak Provinsi Bengkulu dan memiliki program-program yang berkaitan dengan masalah gender. Selain itu, dia juga pernah menjadi duta perlindungan anak saat masih duduk dibangku SMA. Tak hanya itu, mahasiswi HI UMY angkatan 2018 ini juga nantinya akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Sidang Dewan Keamanan PBB secara langsung. Menurutnya, hal yang memotivasinya untuk mengikuti lomba ini adalah untuk menyampaikan pesannya kepada masyarakat luas. Ia juga berpesan, untuk mahaiswa HI UMY yang lain agar bisa mengetahui passion yang dimilikinya sehingga bisa meraih prestasi yang gemilang.

Sumber Foto: Instagram Kementerian Luar Negeri RI