sumber : jadiberita.com

Musim libur semester sebentar lagi akan datang. Biasanya mahasiswa sangat menyambut datangnya musim ini karena mereka tidak perlu bertatapan dengan tugas-tugas dan aktivitas kuliah yang terkadang melelahkan. Hari libur memang sebaiknya digunakan untuk meliburkan diri dan melepas segala penat aktivitas perkuliahan. Caranya? dengan melakukan refreshing terhadap otak dan tubuh. Refreshing ini dapat direalisasikan dalam bentuk dan cara yang berbeda-beda. Misalnya, window shopping, bersosialisasi dengan keluarga dan teman, melakukan hobi-hobi yang digemari, meluangkan waktu untuk diri sendiri, sekedar tidur dan beristirahat, serta masih banyak lagi. Tidak dapat dipungkiri memang refreshing ini sangat diperlukan untuk mengembalikan mood dan kondisi kita agar kembali fresh saat memasuki perkuliahan lagi. Meskipun demikian, bukan berarti kita tidak bisa melakukan hal-hal kecil yang bermanfaat sembari refreshing tersebut. Pernahkah kalian para mahasiswa HI bingung bagaimana menghabiskan libur yang berhari-hari itu selain hanya berdiam diri di kasur? Pernahkah kalian merasakan libur kalian berlalu begitu saja tanpa ada manfaatnya? Pernahkah juga kalian merasakan brainfreeze dan ‘”amnesia” ilmu HI sesaat setelah kembali beraktivitas di semester baru? Nah, begini kira-kira yang bisa kalian lakukan agar terhindar dari permasalahan-permasalahan diatas.

  1. Stalking Bermanfaat

Sebagai mahasiswa HI, tentu kita menyadari pentingnya untuk terus stalking tentang isu-isu yang terjadi di dunia, baik itu isu high politics maupun low politics. Namun, ketika masa-masa kuliah terkadang kita tidak bisa secara maksimal mengetahui banyak hal diluar sana. Terlebih lagi jika banyak tugas dan aktivitas yang pastinya menguras tenaga, waktu, dan pikiran. Oleh karena itu, sembari berlibur, kita bisa memaksimalkan stalking bermanfaat dengan 3 langkah kecil, yaitu: ikuti, resapi, komentar. Ikuti isu-isu HI yang terjadi lewat media manapun yang mudah untuk dijangkau. Zaman sekarang telah banyak platform online yang dapat diakses mahasiswa lewat gawai nya. Platform tersebut juga tersebar di berbagai aplikasi sosial media yang di dalamnya menyediakan berita-berita terbaru bahkan lebih cepat dari media konvensional ataupun TV. Selanjutnya, resapi isu tersebut dengan latar belakang Ilmu HI yang telah kita miliki. Sebagai mahasiswa HI sekaligus akademisi, penting untuk terbiasa melakukan analisis terhadap isu dan bukan hanya melihat permukaan isu saja. Langkah terakhir, komentari isu tersebut dengan sudut pandang yang kita dapat setelah menganalisisnya. Komentar ini dapat dilakukan secara nyata melalui media sosial, kolom di media cetak, ataupun sekedar verbal saja. Tentunya dengan tata cara dan bahasa yang baik dan sopan.

  1. Membaca dan Menulis

Selain stalking bermanfaat, membaca buku dan menulis apapun yang ada dalam pikiran merupakan salah satu hal kecil yang dapat kita lakukan ketika libur semester. Tidak hanya membaca buku akademis, novel dan bacaan-bacaan ringan juga mempunyai manfaat beragam, salah satunya untuk membantu otak kita tetap berpikir agar tidak brainfreeze ketika kembali ke perkuliahan. Menulis juga merupakan hal kecil bermanfaat yang bisa dilakukan. Dari tulisan-tulisan kecil bisa kemungkinan menjadi sebuah karya fiksi, karya ilmiah, cikal bakal skripsi, hingga buku. Hasil ini nantinya dapat digunakan saat kembali ke perkuliahan bahkan untuk masa depan.

  1. Mencoba Hal Baru, Perluas Pengalamanmu

Jika ingin libur kita lebih produktif, cobalah hal-hal baru yang kita belum pernah lakukan. Namun, tentunya bukan sembarang hal. Hal-hal baru disini maksudnya adalah hal-hal seperti mengunjungi tempat-tempat baru, liburan ke luar negeri, mengikuti kompetisi, volunteer acara,  konferensi, MUN, hingga magang di lokal maupun internasional. Kegiatan ini sedikit lebih berat dilakukan daripada hal-hal sebelumnya tetapi manfaat dan tingkat produktivitas nya juga lebih besar.

  1. Buat Resolusi

Nah, tidak hanya momentum tahun baru saja kita bisa membuat resolusi-resolusi ke depan tetapi juga saat libur semester. Kegiatan ini terlihat sederhana dan mudah tetapi kita akan merasakan manfaatnya nanti ketika kita kembali ke perkuliahan. Dengan membuat resolusi satu semester ke depan, itu tandanya kita juga harus mengevaluasi diri di semester sebelumnya untuk mengetahui apa permasalahan yang harus diperbaiki dan ditingkatkan. Kita juga harus menetapkan target-target baru yang akan kita jadikan pedoman untuk memulai perkuliahan yang lebih semangat dan termotivasi.

Hal-hal diatas merupakan hal-hal kecil yang tanpa kalian sadari akan meningkatkan sedikit demi sedikit kemampuan dan minat kalian dalam menjadi mahasiswa HI. Selamat mencoba!