Workshop Pentingnya Belajar Berdiplomasi

Mei 30, 2018 oleh : admin

Suasana saat Dr. Eic Hiarej, M.Phil memaparkan materi

Diplomasi adalah salah satu soft skill yang penting bagi setiap individu. Karena pentingnya kemampuan berdiplomasi tersebut maka Prodi Hubungan Internasional UMY bersama dengan Korps Mahasiswa Hubungan Internasional UMY (KOMAHI) mengadakan acara bertajuk “School of Diplomatic Practices (SoDP)”. Acara tersebut diselenggarakan hari Rabu dan Kamis, 2-3 Mei 2018 bertempat di Gedung Pascasarjana lantai 4 dan Amphitheater E7.B lantai 5.

KOMAHI UMY bekerja sama dengan UMY MUN Community dalam mengadakan acara workshop SoDP selama dua hari berturut-turut. Dalam Workshop tersebut dijelaskan mengenai bentuk-bentuk konferensi, teknis sidang yang dibutuhkan dalam sebuah konferensi serta diadakan workshop Model European Union.

Workshop tersebut diadakan untuk memberikan pengenalan kepada mahasiswa bagaimana praktek berdiplomasi dalam sidang model Uni Eropa. Sehingga mahasiswa mendapatkan pengalaman dan pembelajaran selama mengikuti workshop tersebut.

Mahasiswa HI UMY Praktik Berdiplomasi

Dalam rangkaian Agenda School Of Diplomatic Practices (SoDP) juga didukung oleh The Jean Monnet Module dalam mengadakan Dissemination Seminar, Launching Buku “Supranasionalisme Uni Eropa” karya Ali Muhammad, M. A., Ph. D, dan praktik Konferensi Model European Union. Acara tersebut berlangsung pada hari Selasa dan Rabu, 8-9 Mei 2018 bertempat di Amphitheater Gedung AR Fakhrudin B lantai 5 . Pembicara pada acara Dissemination Seminar dan Launching Buku yaitu Dr. Eric Hiarej, M. Phil., serta terdapat pembicara lain yaitu Dra. Mutia Hariati Hussin, M.Si., dan Sugito, SIP., M.Si.  Sedangkan untuk pembicara dalam acara Konferensi Model European Union disampaikan oleh Board of Dais yaitu Ahmad Jawwad, SIP serta rekan-rekan dari UMY MUN Community oleh Niken Utami.

Rangkaian acara tersebut ditutup dengan pemberian sertifikat oleh Ketua Program Studi HI UMY kepada Dr. Eric Hiarej, M.Phil. Selain itu, juga pemberian sertifikat kepada Ahmad Jawwad, SIP oleh Sitihatija N Talaohu selaku ketua panitia. (Ludmila)

 

Penyerahan Sertifikat oleh oleh Bu Dr. Nur Azizah, M.Si kepada Dr. Eic Hiarej, M.Phil.

Penyerahan Sertifikat oleh Sitihatija N Talahu kepada Ahmad Jawwad, SIP.

Tampak peserta berfoto dengan Goodie Bag dari Jean Monnet