Didalam dunia perkuliahan, buku merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa. Selain itu, setiap buku bacaan juga bisa menjadi identitas mahasiswa dari setiap jurusan. Sebagai contohnya, mahasiswa dari Ilmu Sosial Politik akan cenderung mengkoleksi buku bacaan yang berkaitan dengan politik, berbeda dengan anak kedokteran, mereka akan lebih memilih buku-buku yang berhubungan dengan kesehatan.

Khususnya bagi mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional, ada tiga buku yang sangat direkomendasikan untuk dibaca, antara lain, Pengantar Studi Hubungan Internasional, Politik Antar Bangsa, dan Ilmu Hubungan Internasional “Disiplin dan Metodologi”. Ketiga buku tersebut sangat direkomendasikan karena mampu memperkuat gagasan mahasiswa terkait tentang Ilmu Hubungan Internasional, sehingga mahasiswa bisa memberikan perspektif yang berbeda dalam menganalis studi kasus.

Pertama, buku Pengantar Ilmu Hubungan Internasional (Introduction International Relations). Buku ini dikarang oleh Robert Jackson dan Georg Sorensen dan diterbitkan oleh Oxford University Press Inc di New York pada tahun 1999. Dalam buku ini, akan dijelaskan lebih mendalam tentang pembahasan Hubungan Internasional. Buku ini terdiri dari 8 Bab utama dan menyajikan penjelasan penting tentang hubungan masyarakat antar negara yang nantinya akan membentuk jaringan masyarakat internasional atau disebut dengan masyarakat global.

Kedua, buku Politik Antar Bangsa (Politic Among Nations, The Struggle for Power and Peace) dan merupakan hasil karya dari Ilmuan Sosial Politik terkenal Hans J. Morgenthau. Di Indonesia, buku ini diterbitkan oleh Yayasan Pustaka Obor Indonesia pada tahun 2010. Dalam sejarahnya, buku ini dikenal sebagai buku teks klasik dalam bidang ilmu politik dan ilmu hubungan internasional. Buku ini memiliki 9 Bab dan terbit pertama kali pada tahun 1948 dengan mengadopsi pemikiran dasar Realis, dan berhasil mencakup pembahasan politik internasional. Selain itu, yang sangat menarik adalah buku ini terbit saat masa perang dingin antara blok barat dan blok timur. Bagi mahasiswa yang ingin mendalami ilmu politik, sangat disarankan membaca buku ini karena akan menjelaskan apa itu politik secara detail dan sistematis.

Ketiga, buku Ilmu Hubungan Internasional “Disiplin dan Metodologi. Buku ini adalah hasil karya dari Mohtar Mas’oed seorang Guru Besar Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gajah Mada. Buku ini menjelaskan tentang bagaimana cara memahami metodologi Ilmu Hubungan Internasional untuk menjelaskan kejadian-kejadian yang ada dan Sehingga menciptakan sebuah analisis yang lebih sistematis. Bagi mahasiswa Hubungan Internasional, buku ini bisa menjadi pendamping untuk melakukan sebuah penelitian dan studi kasus. Selain itu, sistematika penulisan buku ini yang dirasa cukup sederhana bisa memudahkan pembaca untuk memahami isinya.

Dari ketiga buku rekomendasi tersebut, diharapkan mahasiswa Hubungan Internasional UMY bisa menambah minat bacanya, karena dengan membacalah seorang mahasiswa bisa memperluas jendela keilmuannya. Selain itu, banyak membaca tentang buku-buku yang berkaitan dengan jurusan kuliahnya juga akan membantu dalam penyusunan tugas paper, essay, dan skripsi.