Sejarah

Sejarah Berdirinya HI UMY

Jurusan Ilmu Hubungan Internasional merupakan salah satu jurusan pertama di lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dengan binaan dari Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada khususnya Prof. Dr. Amien Rais, Jurusan Ilmu HI UMY juga menjadi Jurusan Ilmu HI pertama di PTS lingkungan DIY dan Jawa Tengah. Jurusan ini menjadi alternatif bagi peminat studi S1 jurusan HI yang waktu itu hanya tersedia di beberapa perguruan tinggi negeri dengan daya tampung sangat kecil.

Status Terdaftar diperoleh pada tahun 1985 sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no. 0417/O/1985 tentang Pemberian Status Terdaftar Pada Beberapa Fakultas di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pada tahun 1992, Jurusan HI mendapatkan status Diakui dan pada tahun 1995 berstatus Disamakan. Dengan model akreditasi yang diperbaharui, Jurusan HI mendapatkan Akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan status tersebut dipertahankan pada tahun 2004.

Dengan predikat akreditasi A, jurusan IHI UMY berupaya untuk menciptakan lulusan yang relevan dengan kebutuhan external stakeholders (di antaranya perusahan-perusahan nasional dan multi nasional, Departemen Luar Negeri dan instansi pemerintahan lainnya, lembaga-lembaga penelitian dan pengajaran, pers, serta masyarakat pada umumnya). Salah satu upaya itu adalah dilakukannya perbaikan kurikulum pada tahun 2004 dan diberlakukan tahun ajaran 2005/2006, penyelenggaraan kelas internasional sejak tahun ajaran 2005/2006 yang telah diinisiasi sejak tahun 2003, dan program pemagangan bagi mahasiswa sejak tahun 2004.