Hai Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UMY, dalam kesempatan kali ini admin akan membagi rekomendasi buku bagus untuk dibaca minggu ini. Buku ini berjudul “Hubungan Internasional Di Asia Tenggara, Teropong Terhadap Dinamika, Realitas, dan Masa Depan” karya dari Dr. Bambang Cipto, MA., beliau adalah dosen aktif HI UMY. Buku ini diterbitkan oleh pustaka pelajar pada tahun 2007 untuk cetakan pertama, dan tahun 2010 untuk cetakan kedua.

Buku ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan referensi bagi dosen, mahasiswa, pengamat, wartawan, diplomat, para pengambi keputusan, serta khalayak yang berminat dengan dinamika hubungan internasional di Asia Tenggara. Buku ini terdiri dari 12 Bab. Pengantar teoritis ditulis dalam bab 1. Sejarah hubungan internasional di Asia Tenggara, pembentukan ASEAN, negara anggota, norma dan prinsip ASEAN dibahas dalam bab 2. Sementara bab 3 membicarakan hubungan internasional di Asia Tenggara pada masa Perang Dingin dan secara khusus membahas konflik dan perdamaian kamboja. Kemudian pada bab 4 dibahas perluasan ASEAN sebagai perkembangan yang tak terelakkan karena sejak awal para pendiri memang mengharapkan demikian.

Bab 5,6,7 membahas dasar-dasar politik luar negeri negara anggota ASEAN dan kaitannya dengan faktor-faktor domestik. Selanjutnya Bab 8 merupakan bahasan tentang politik luar negeri Amerika, Cina, Jepang, dan Australia. Negara-negara ini memang ikut menentukan dan memperkuat ASEAN baik secara langsung maupun tidak langsung.

Bab 9 dan 10 membahas tantangan ASEAN paska Perang Dingin yang lebih kompleks dan rumit. Dalam bab ini isu-isu keamanan dibahas dalam kacamata keamanan transional dan non-tradisional. Bab 11 adalah kerjasama ekonomi ASEAN dan kompleksitasnya. Bab 12 adalah kesimpulan beberapa tantangan saat ini dan masa depan ASEAN.