img_7076

Sebanyak 370 mahasiswa baru program studi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY) mengikuti Masa Ta’aruf Hubungan Internasional 2016 di Gedung Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, kemarin, 8/9.

Kegiatan yang menggandeng Korps Mahasiswa Hubungan Internasional (KOMAHI) ini mengusung tema “Dispatching True Images of Islam to The World by Fighting Terrorism”, dengan menghadirkan 2 pembicara utama: Drs. Eko Hartono, M.P.P selaku kepala Pusdiklat Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (KEMLU RI) dan H. Ahmad Hanafi Rais, S.IP., M.P.P selaku wakil ketua Komisi I DPR RI periode 2014-2019.

“Setiap tahun terjadi fluktuasi jumlah mahasiswa baru prodi HI UMY. Tahun ini, kami memang menaikkan standar untuk kualifikasi penerimaan mahasiswa baru prodi HI.”, ujar Dr. Nur Azizah, M.Si selaku kepala prodi Hubungan Internasional.

Prodi HI UMY mengakui bahwa tuntutan menaikkan standar dirasa penting bersamaan dengan semakin dinamisnya isu-isu hubungan internasional saat ini. Di kesempatan yang sama, prodi HI juga mendorong mahasiswa untuk aktif terlibat dalam program pertukaran mahasiswa melalui skema student mobilities melalui banyak pilihan universitas di luar negeri yang sudah menjalin kerjasama dengan prodi HI UMY.

“Di kesempatan mataf 2016 kali ini, dengan bangga kami sampaikan bahwa prodi HI UMY baru saja menjalin kerjasama dengan Swansea University, United Kingdom, yang bisa dimanfa’atkan mahasiswa untuk melakukan student exchange.”, tambahnya. (diah)