Peserta KKN Internasional dan kepala Prodi Hubungan Internasional UMY ketika berada di kantor KJRI Tawau.

Sebanyak 12 mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY) melaksanakan upacara pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional di Tawau, Malaysia. KKN Internasional yang mengusung semangat “Brotherhood Beyond Borders” ini dilepas secara langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P, di ruang Simulasi Sidang ASEAN, (30/7).

KKN Internasional merupakan program unggulan prodi HI UMY yang tahun ini telah menginjak tahun kedua pelaksanaan. Pada 2016 lalu, penugasan KKN Internasional bertempat di Davao, Mindanao, Filipina Selatan, bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Davao. Sejalan dengan komitmen Muhammadiyah untuk selalu mengasihi masyarakat-masyarakat marjinal (the spirit of Al-Ma’un), prodi HI UMY mendedikasikan program KKN Internasional sebagai bentuk implementasi dakwah Muhammadiyah dalam bentuk transfer ilmu, teknologi, budaya, capacity building, dan aspek keilmuan lainnya. Masa tugas peserta KKN Internasional Tawau sendiri akan berlangsung mulai 31 Juli hingga 28 Agustus 2017.

“Tahun ini, kami bekerjasama dengan KJRI Tawau untuk menyusun program kerja yang berdampak positif untuk para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bermukim disana”, terang Kepala Prodi HI UMY, Dr. Nur Azizah, M.Si

Program KKN Internasional selalu disambut baik oleh KJRI di negara-negara tujuan. Hal ini bisa dilihat dari penyusunan program kerja yang selalu melibatkan pihak KJRI, sehingga menghasilkan program-program kerja yang tepat sasaran. (diah)