Prodi Hubungan Internasional UMY kembali mengadakan Academic Discussion dengan tema Sport and Diplomacy pada tanggal 15 Maret 2019 bertempat di ruang simulasi sidang ASEAN FISIPOL. Acara diskusi ini dinarasumberi oleh Arnaud Amouroux dan Wahyuni Kartikasari. Selain itu, diskusi ini juga dimoderatori oleh Muhammad Ammar Hidayatullah untuk memandu jalannya diskusi.

Diskusi ini membahas terkait peran olahraga sebagai salah satu instrumen diplomasi antar bangsa. Selain itu, menurut narasumber, olahraga merupakan salah satu soft diplomacy yang bisa mempererat dan memperbaiki hubungan antar bangsa. Tak hanya itu, aktor dari sport diplomacy ini lebih luas dari diplomasi biasanya, karena aktor yang terlibat bukan hanya negara, tetapi masyarakat ataupun individu.

Peserta dari dikusi ini mayoritas berasal dari HI angkatan 2018. Diksusi ini juga disambut baik oleh para peserta, hal ini terlihat dari banyaknya respon dan pertanyaan yang diajukan kepada narasumber terkait. Harapannya, diskusi ini bisa menambah khazanah ilmu pengetahuan mereka tentang dunia diplomasi yang ada.