Dian Azmawati, S.IP., M.A., Dr. Zuhair S.M. Al Shun., Hilman Latief, MA., Ph.D., Dr. Sidik Jatmika, M.Si.

Program studi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY) bekerja sama dengan Mer-C (Medical Emergency Rescue Committee) DIY menyelenggarakan seminar bertema “The Phenomenon of The Indonesian Civil Society Movement in Support Palestine Independence”, di Gedung KH. Ibrahim E7 B, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, pada tanggal 14 Mei 2018. Seminar ini juga merupakan sebuah dukungan masyarakat Indonesia untuk kemerdekaan Palestina.

Seminar ini menghadirkan beberapa pembicara antara lain Dr. Zuhair S.M. Al Shun selaku Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Bapak Hilman Latief, MA., Ph.D selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK UMY, dan Dr. Sidik Jatmika, M.Si selaku Dosen Hubungan Internasional UMY. Moderator pada seminar ini adalah Ibu Dian Azmawati, S.IP., M.A.

“Palestina adalah negara yang harus diperjuangkan bersama oleh seluruh muslim dunia” tutur Duta Besar Palestina untuk Indonesia. Konflik yang semakin memanas antara Palestina dan Israel sudah berlangsung sangat lama hingga saat ini. “Masyarakat Indonesia harus mendukung Kemerdekaan Palestina, seperti yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa”, tutur Bapak Sidik Jatmika. “Bantuan untuk warga Palestina pun terus disalurkan oleh masyarakat Indonesia melalui beberapa organisasi yang ada di tanah air”, tutur Bapak Hilman Latief.

Pada akhir acara dilakukan pemberian piagam penghargaan dari Prodi Hubungan Internasional UMY kepada Duta Besar Palestina untuk Indonesia dan juga kepada Bapak Hilman Latief, Sp. Rad serta kepada pihak Mer-C DIY . Kemudian pemberian piagam dari Mer-C DIY kepada Duta Besar Palestina untuk Indonesia serta pemberian piagam dari Mer-C DIY kepada Prodi Hubungan Internasional UMY. (Ludmila)