12821480_1672224712995001_1167721421391323349_n

Program studi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY) mendukung penuh penyelenggaraan kompetisi essai yang diinisiasi oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI). Sikap dukungan tersebut terlihat pada penyambutan perwakilan FPCI yang bertandang k kampus UMY dalam rangka sosialisasi kompetisi essai “Write to China: What Young Indonesians Think About China”, kemarin.

“HI UMY merupakan salah satu target utama kami dalam menjaring peserta kompetisi ini karena reputasi civitas akademikanya yang diatas rata-rata. Kami memang tidak melakukan kunjungan ke semua instansi yang memiliki prodi HI. Hanya yang unggul lah yang kami bidik.”, tutur Heru Prama Yuda, program director FPCI yang hadir.

FPCI merupakan suatu organisasi nir- laba dan non-politis yang bergerak di bidang hubungan internasional, dan terbuka untuk semua kalangan. FPCI memfasilitasi suatu ruang bersama yang mempertemukan mahasiswa, dosen, Kementerian Luar Negeri dan Departemen lainnya yang mempunyai dimensi internasional, korps diplomatik, pengusaha (Indonesia maupun internasional) dan think tank, wartawan dan semua kalangan yang bergerak di bidang hubungan internasional. Nantinya, 10 pemenang dari kompetisi essai ini akan diberangkatkan ke China pada pertengahan pertengahan Mei guna melakukan studi banding.

“(program) ini bersifat fully-funded. Kehadiran kami disini boleh dibilang suatu harapan bahwa salah satu pemenang kompetisi essai tersebut adalah civitas akademika HI UMY.”, tutupnya. (diah)