Program Studi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta akan memberangkatkan sebanyak 27 mahasiswa untuk KKN Internasional ke Davao, Filipina. Pelepasan diresmikan oleh rektor UMY Dr. Ir Gunawan Budiyanto, M.P didampingi oleh Dr. Nur Azizah, M.Si selaku Ketua Prodi HI UMY, Bambang Wahyu Nugroho, S.IP., M.A selaku Dosen Pendamping KKN. Acara pelepasan diselenggarakan pada Sabtu, 28 Juli 2018 bertempat di Gedung Ar. Fakhrudin A Lantai 1.

Dr. Ir Gunawan Budiyanto, M.P sangat mendukung acara KKN Internasional tersebut. “KKN Internasional tersebut bisa menjadi salah satu bentuk soft diplomacy , sehingga mahasiswa juga dapat belajar banyak karena pengalaman yang akan didapat” tutur Dr. Ir Gunawan Budiyanto, M.P. KKN Internasional akan berlangsung selama 1 bulan di daerah General Santos dan Gland.

Ketua KKN Internasional Davao Rahma Fitri menyatakan bahwa pengabdian pada masyarakat Davao akan difokuskan pada bidang sosial budaya dan ekonomi kreatif. Bu Nur Azizah pun menambahkan selain memperkenalkan program sosial budaya, ekonomi kreatif juga akan memperkenalkan Muhammadiyah pada komunitas muslim di Davao. Acara KKN Internasional HI UMY juga bekerja sama dengan AL-Qalam Ateneo De Davao.

Mahasiswa KKN Internasional Davao UMY akan berangkat pada 30 Juli 2018. Dan akan tiba di Davao pada 31 Juli 2018. Acara Pelepasan KKN Internasional Davao UMY 2018 diakhiri dengan sesi foto bersama Dr. Ir Gunawan Budiyanto, M.P.