MUKBES KOMAHI Tetapkan Awwab Hafiz Al-Faruqi sebagai Ketua Umum KOMAHI UMY periode 2013/2014

Oktober 9, 2013, oleh: Admin HI

Selama 5 hari dihelat, dari 2 Oktober hingga 8 Oktober 2013, Musyawarah Keluarga Besar Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (MUKBES KOMAHI UMY) akhirnya menetapkan Awwab Hafidz Al-Faruqi sebagai Ketua Umum KOMAHI UMY yang baru, menggantikan Reza Fahmi, Ketua Umum KOMAHI UMY periode 2012/2013, yang telah berakhir masa baktinya.
Bertempat di Ruang Sidang Student Center lantai 3, proses pemilihan hingga penetapan ketua umum yang baru berakhir pukul 06.15 WIB tersebut melalui proses adu visi dan misi yang cukup sengit antar calon ketua, sebelum akhirnya Awwab, sapaan akrabnya, mendapat kepercayaan lebih dari forum untuk memegang jabatan ketua umum KOMAHI UMY periode 2013/2014.
Merespon terpilihnya Awwab sebagai penerus estafeta kepemimpinan KOMAHI UMY, ia mengingatkan seluruh pengurus bahwasanya tantangan ke depan tidak akan jauh lebih mudah, sekalipun saat ini jumlah mahasiswa HI UMY mengalami peningkatan signifikan akibat banyaknya tambahan mahasiswa baru. “Justru kalau salah strategi leadership (memimpin-red), bisa-bisa orang sebanyak itu hanya akan menjadi bumerang bagi KOMAHI UMY kedepannya”, jelas mahasiswa yang sebelumnya aktif sebagai staf Divisi Jaringan dan Kerjasama KOMAHI UMY ini.
Berdasarkan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, ia menilai bahwa keberadaan KOMAHI sebagai poros utama segala kegiatan mahasiswa HI UMY belum sepenuhnya disadari dan dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa HI. Dengan mengusung visi; Mewujudkan Harmonisasi Warga (civitas akademika-red) UMY Melalui Komunikasi, Loyalitas, dan Intelektualitas, ia lebih mengedepankan pada perbaikan komunikasi internal antar pengurus, sebelum lebih jauh menjangkau seluruh mahasiswa HI UMY. Semangat kekeluargaan akan menjadi penegas dalam karakter kepemimpinannya kali ini di KOMAHI UMY.
“Tahun lalu, KOMAHI UMY menerima 40 pengurus baru. Namun, hingga hari ini, tercatat hanya 20 saja yang aktif. Ini menjadi pelajaran berharga bagi kepengurusan KOMAHI sekarang. Bahwasanya komunikasi internal antar pengurus perlu dipantau berkala agar bisa meningkatkan emangat pengabdian untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan KOMAHI UMY. Kalo pengurusnya semangat, otomatis mahasiswa HI lainnya juga akan semangat”, sambungnya panjang lebar.
Harapan-harapan tersebut juga disertai ajakan positif kepada seluruh mahasiswa HI agar tidak sungkan-sungkan ikut berpartisipasi aktif, dalam hal menyampaikan kritik maupun aspirasi, sehingga kedepannya KOMAHI UMY bisa lebih konsisten menjadi organisasi yang menampung berbagai aktivitas intelektualitas dan kreativitas seluruh mahasiswa HI UMY. (diah)