11059449_10202734085032488_8022782336725445212_n

Delegasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada World MUN 2015, Seoul, Korea Selatan

Untuk pertama kalinya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengirimkan perwakilan pada ajang “24th Harvard World Model United Nation (WMUN) 2015”, yang diselenggarakan dari tanggal 16-20 Maret 2015, di Korea International Exhibition Center (INTEX), Seoul, Korea Selatan. Tiga delegasi terbaik yang dikirim UMY adalah Ahmad Jawwad (HI 2011), Asep Suryana (HI 2012) dan Andi Amitya Resti Dwiyanti (MPHI 2013) dalam acara yang rutin diselenggarakan oleh Harvard University.

Tak sampai disitu, kabar membanggakan lainnya adalah penghargaan yang berhasil dibawa pulang oleh ketiga delegasi yang sebelumnya telah melalui proses seleksi, baik di tahap kampus maupun dari pihak Harvard University sendiri. Proyek sosial yang mereka kompetisikan pada Social Venture Challenge (SVC) Resolution Project berupa “CancerCARE” berhasil memenangkan babak final dan menyabet penghargaan, mengalahkan beberapa negara yang ikut terlibat pada ajang tersebut. Tak tanggung-tanggung, Under Secretary General pun memuji kebolehan mereka secara langsung.

Menurut Asep Suryana, salah satu delegasi UMY pada ajang tersebut, pesaing terberat selama acara berlangsung adalah dari kampus-kampus native speaker. Namun menurutnya, kita -mahasiswa Indonesia- tidak perlu ‘minder’ dengan bahasa Inggris kita yang EFL (English as a Foreign Languange), selama kita bisa bicara dengan jelas orang-orang akan mengerti. Buktinya, negara-negara seperti kita yang notabene masih terbata-bata mampu menguasai persidangan dengan baik.

“Acara ini berskala internasional dengan peserta yang sangat banyak, dan kemenangan kita ini tentu saja membuktikan bahwa UMY memiliki potensi yang sama baiknya dengan universitas tidak hanya lokal Indonesia bahkan internasional” tuturnya. (tita, diah)