Setiap mahasiswa S1 tentunya ingin cepat menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah melanjutakan pendidikan ke jenjang S2 atau bisa mencari pekerjaan. Namun, sebelum itu, mahasiwa harus menghadapi yang namanya ujian pendadaran atau ujian skripsi. Tujuan dari ujian ini adalah menguji seberapa dalam dan mengertinya seorang mahasiswa terhadap penelitian skripsi yang dibuatnya. Saat ujian, mahasiswa akan berhadapan dengan 1 dosen pembimbing dan 2 dosen penguji untuk memberikan saran dan masukan terhadap skripsi mahasiswa.

Jurusan Hubungan Internasional UMY berencana mengadakan ujian pendadaran pada tanggal 6 dan 7 Desember 2018. Terdapat sekitar 50an lebih mahasiswa dari angkatan 2013 sampai 2015 yang akan mengikuti ujian pendadaran ini. Selain itu, bagi mahasiswa yang telah menjalani ujian pendadaran pada bulan Desember 2018, mereka bisa lulus Wisuda pada bulan Februari 2018. Untuk mahasiswa yang belum mendaftar ujian pendadaran, diharapkan bisa segera menyelesaikan skripsinya dan melakukan konsultasi rutin dengan dosen pembimbing masing-masing.

Selain itu, harapannya setiap mahasiswa yang akan mengikuti ujian pendadaran dapat mempersiapkan diri dengan baik, karena inilah yang akan menentukan kerja keras selama membuat penelitian skripsi. Persiapan yang dapat dilakukan antara lain, membuat power point persentasi, latihan persentasi, hingga menjaga kesehatan agar tetap bugar di hari ujian.