12717915_10207747070868393_7863416307225936732_n

Sebagai jurnal program studi Hubungan Internasional yang telah terakreditasi, jurnal Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) selalu mendorong peningkatan kualitas jurnal di kalangan akademisi HI secara luas. Penyelenggaraan “Workshop Pengelolaan Jurnal Program Studi HI dan Inisiasi Pembentukan Jurnal Asosiasi Hubungan Internasional” pada 4-5 Maret kemarin merupakan salah satu bentuk konkrit misi tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang sidang ASEAN Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini dihadiri oleh perwakilan-perwakilan jurnal prodi studi HI seluruh Indonesia.

Diantara pembicara yang hadir, antara lain Baiq Wardhani dari jurnal Global & Strategis HI FISIP Universitas Airlangga, serta Harun Joko Prayitno dari Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pengelolaan jurnal menjadi penting mengingat gagasan-gagasan akademisi HI seringkali menjadi panduan bagi penyusunan kebijakan luar negeri pemerintah. Hal ini sudah menjadi perhatian penting akademisi HI beberapa tahun terakhir. Hanya saja, kelemahannya terletak pada kurangnya pelatihan-pelatihan yang bagus untuk pengelola-pengelola jurnal HI itu sendiri.

“Maka dari itu, kami merasa senang sekali jika pengalaman JHI UMY dalam mencapai prestasi akreditas bisa tertular ke rekan-rekan akademisi di instansi HI lainnya”, tutur Ade Marup Wirasenjaya, kepala Laboratorium HI UMY. (diah)