Untuk mahasiswa HI UMY yang belum bebas teori, perkuliahan aktif akan dimulai pada tanggal 11 Februari 2019 mendatang. Namun, banyak dari mahasiswa yang masih bingung bagaimana cara untuk mengawali semester yang baru ini, sekaligus memerperbaiki kualitas pembelajarannya di semester yang lalu. Untuk seorang mahasiswa, memasuki semester baru berarti juga  mengawali dengan semangat dan pemikiran yang baru, untuk itulah, pada pembahasan kali ini, admin akan berbagi beberapa tips untuk menyemangati dan memotivasi kalian semua supaya bisa menambah kualitas pembelajaran disemester ini.

  1. Membuat Target

Sebagai seorang mahasiswa, sudah seharusnya kita memiliki target yang ingin kita capai. Kenapa membuat target sangat penting? Karena ini akan membantu kalian menentukan prioritas mana yang akan kalian dahulukan, baik itu di akademik dan non akademik (contohnya organisasi dan UKM).

  1. Buatlah Kelompok Belajar

Orang bijak selalu berkata, lingkungan dan teman bisa menjadi faktor pembentuk kepribadian seseorang. Jika bergaul dengan tukang besi kita akan mendapatkan panasnya, dan jika kita bergaul dengan tukang minyak wangi kita akan mendapatkan wanginya. Mungkin itu sama didunia pendidikan, jika kita bergaul dengan orang pintar, mungkin kepintarannya bisa menular ke kita. Untuk itulah, untuk kalian yang masih merasa kurang memahami mata kuliah tertentu, cobalah membuat kelompok belajar untuk membantu kalian, dan siapa tahu nanti bisa dapat jodoh disana.

  1. Ulang Kembali Materi Yang Diberikan Dosen Dikelas

Hal ini mungkin sesuatu yang sangat familiar dikalangan pelajar SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Namun, faktanya sangat sedikit yang mengapkikasikan cara ini untuk meningkatkan kualitas belajarnya, biasanya karena faktor malas. Untuk itulah, cobalah kalian mengulang kembali pembelajaran selama dikelas, tidak harus berjam-jam, cukup 5 – 15 menit saja.

  1. Buatlah catatan berupa mad mapping (peta pikiran)

Jika kalian adalah orang yang kreatif, kalian bisa membuat sebuah peta pikiran yang membantu memahami mata kuliah tertentu. Apabila peta pikirian kalian cukup bagus untuk digunakan oleh orang lain, kalian bisa membaginya untuk dipelajari, hitung-hitung amal Jariyah.

  1. Explore Kemampuan Lain Yang Dimiliki

Sebagai seorang mahasiswa HI, kemampuannya bukan hanya terletak pada memahami teori. Namun, bagaimana caranya mereka bisa menggunakan teori-teori itu untuk menjelaskan suatu fenomena sosial yang ada dimasyarakat, sehingga mereka bisa membantu menemukan solusinya. Tidak hanya terbatas teori, jika kalian memiliki kemampuan menulis, membaca, bermusik, dan lain sebagainya, cobalah mengasah kemampuan tersebut sehingga kalian memiliki nilai tambah sendiri sebagai mahasiswa HI.

Reference: www.utakatikotak.com