img_9024

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY) menyelenggarakan diseminasi penelitian “Forum Kerjasama Ekonomi Indonesia-Afrika” bersama Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (BPPK KEMLU RI) di Ruang Sidang Amphi Theatre, Gedung Pasca Sarjana, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 25/8.

Penelitian “Forum Kerjasama Ekonomi Indonesia-Afrika” melibatkan 7 (tujuh) dosen HI UMY, antara lain Dr. Nur Azizah, M.Si selaku Kepala Prodi HI UMY sekaligus ketua tim peneliti; Dr. Sidik Jatmika, M.Si; Dr. Surwandono, M.Si; Grace Lestariana Wonoadi, S.IP, M.Si; Drs. Djumadi M. Anwar, M.Si; Ali Maksum, Ph.D; Masyithoh Annisa Ramadhani, S.IP.,M.A.

Disampaikan oleh ketua tim peneliti, Dr. Nur Azizah, M.Si, penelitian ini bertujuan untuk melihat dinamika dan prospek ekonomi Afrika serta merumuskan rekomendasi kebijakan luar negeri Indonesia terkait wacana pembentukan forum kerjasama ekonomi Indonesia-Afrika. Kajian akan diarahkan untuk menelaah beberapa isu di antaranya manfaat dari pembentukan forum kerja sama ekonomi Indonesia-Afrika, langkah-langkah yang perlu ditempuh dalam pembentukan forum tersebut dan format serta mekanisme kerja dari forum dimaksud untuk memaksimalkan manfaatnya bagi Indonesia.

“Prodi HI sangat mengapresiasi kerjasama penelitian ini karena selain sebagai rekomendasi kebijakan ke pemerintah, juga merupakan manifestasi akademik yang bisa diakses mahasiswa dan kalangan luas untuk memperkaya khazanah pengetahuan”, tutur ketua tim peneliti. (diah)