13118921_10207377418092076_4392088778108113589_n

Dekan FISIPOL UMY dan segenap dosen HI UMY berfoto dengan para narasumber seminar “Sosialisasi Peluang Kerja WNI di OI” sesaat sebelum seminar dimulai.

Program studi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY) bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (KEMLU RI) menyelenggarakan seminar “Sosialisasi Peluang Kerja WNI di Organisasi Internasional” bertempat di Ruang Dupradi, Hotel Neo + Awana, Yogyakarta, kemarin (29/4).

Turut hadir sebagai narasumber, yakni Ibu Rina P. Soemarno (KEMLU RI), Ibu Joyce Sinaga (UNDP), serta Bapak Busrian Mantovani (ASEAN Secretariat). Pelaksanaan seminar ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi akan peluang kerja bagi masyarakat Indonesia di berbagai organisasi internasional. Hal ini disebabkan partisipasi WNI yang turut bergabung di Organisasi Internasional (OI) jumlahnya masih relatif kecil dibandingkan dengan negara-negara lainnya, khususnya di Asia. Salah satu faktor yang dinilai paling kuat mempengaruhi keadaan ini adalah keterbatasan informasi terkait peluang bekerja tersebut. Faktor rendahnya tingkat percaya diri WNI untuk mendaftar bekerja di OI juga turut mempengaruhi keadaan tersebut.

“Keikutsertaan Indonesia di lebih dari 200 organisasi internasional membuka kesempatan bekerja, utamanya bagi mahasiswa dan fresh graduate, dengan syarat kemampuan berbahasa asing dan atau bahasa PBB lainnya, memiliki daya saing tinggi, melek teknologi, serta memiliki kompetensi.”, ujar ibu Rina selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Multilateral KEMLU RI.

Seminar ini terbuka untuk umum, namun tetap diberlakukan pembatasan kuota peserta. Bagi mahasiswa HI UMY dan masyarakat umum lainnya yang tidak memperoleh kesempatan menghadiri seminar ini, bisa mendownload materi seminar melalui link berikut ini:

Sosialisasi Peluang Kerja WNI di OI (UNDP Presentation)

Sosialisasi Peluang Kerja WNI di OI (ASEAN Secretariat Presentation)