_MG_7437

Penandatanganan MoU oleh Kaprodi HI UMY dan Kepala BPPK KEMLU RI

Program studi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY) menginisiasi kerja sama penelitian dan penulisan naskah “Pembentukan Forum Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Afrika” dengan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (KEMLU RI). Hal in ditandai dengan penandatangan MoU yang dilakukan oleh pihak HI UMY, diwakili oleh Dra. Nur Azizah, M.Si (Kaprodi HI UMY) dan Pusat Pengkajian Dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) KEMLU RI, diwakili oleh Salman Al Farisi (Kepala BPPK KEMLU RI), di Ruang Sidang Rektorat Gedung AR. Fahrudin A, kemarin.

Kerja sama penelitian berdurasi 6 bulan (Februari-Juli, red) ini akan melibatkan 8 dosen senior HI UMY, dipimpin langsung oleh Kaprodi HI UMY.

“Kebangkitan Afrika sebagai salah satu pendorong ekonomi dunia kiranya patut menjadi perhatian kita bersama. Tiongkok, India, bahkan Malaysia, telah lebih dulu membentuk forum kerja sama khusus dengan negara-negara di Afrika sebagai wahana penguatan kemitraan. Indonesia juga perlu mempertimbangkan pembentukan kerja sama ekonomi Indonesia-Afrika demi mempertegas arah kebijakan luar negeri Indonesia. Karenanya, kerja sama kajian ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan, terkait dengan wacana pembentukan forum kerja sama ekonomi Indonesia-Afrika”, terang Kaprodi HI UMY saat pidato penyambutan.

Nantinya, dari hasil kerja sama penelitian ini, akan dihasilkan luaran yang berisi laporan-laporan rekomendasi kebijakan hingga buku yang akan diterbitkan dari laporan ini.

“Topik kerja sama ini merupakan isu terhangat di panggung ekonomi politik dunia. HI UMY merasa terhormat menjadi mitra kepercayaan KEMLU RI untuk mengembangkan gagasan-gagasan penting yang berguna bagi arah kebijakan luar negeri Indonesia.”, tutupnya. (diah)