IMG_3974

Suasana Mataf Jurusan HI UMY di Aula Lantai Dasar Masjid KH. Ahmad Dahlan, UMY

Sebanyak 360 mahasiswa baru jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY) mengikuti kegiatan Masa Ta’aruf (mataf) jurusan, kemarin, 2 September 2015. Kegiatan yang diselenggarakan di aula lantai dasar Masjid Ahmad Dahlan tersebut mengusung tema “Edukatif, Motivatif, Elegan”.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun untuk menyambut para mahasiswa baru sebelum mereka memulai proses perkuliahan. Sebenarnya total mahasiswa baru yang terdaftar di jurusan HI UMY adalah 392 orang, tapi karena beberapa halangan, 32 diantara mereka tidak bisa mengikuti kegiatan ini”, ujar Aat Rifati Zulfa, panitia pelaksana mataf jurusan sekaligus pengurus aktif Korps Mahasiswa Hubungan Internasional (KOMAHI) UMY.

Selain membantu tahap adaptasi mahasiswa terhadap lingkungan kampus, kegiatan mataf jurusan juga diselenggarakan guna memfokuskan kembali orientasi akademik terhadap jurusan HI itu sendiri. Tema “Edukatif, Motivatif, Elegan” diimplementasikan pada substansi acara, meliputi talkshow motivasi bersama Hermayani Putra, S.IP (alumni HI UMY yang juga menjabat sebagai direktur WWF Kalimantan), kuliah umum yang menghadirkan Salman Al-Farisi (mantan dubes Uni Emirat Arab), serta General Speaker List (GSL) yang bertujuan melatih kemampuan mahasiswa dalam berargumen layaknya seorang diplomat di forum-forum internasional.

“Kami berharap rangkaian acara di mataf jurusan mampu meluruskan kembali orientasi belajar adik-adik tingkat, sehingga menjadi modal berharga untuk memulai perjuangan 4 tahun kedepan.”, tutupnya. (diah)