unnamed

Mohammad Ichsan, Alumni HI UMY angkatan 2010

Mohammad Ichsan (alumni HI UMY angkatan 2010) berhasil menerima beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk melanjutkan studi magisternya ke Science Po Paris University, Prancis dengan mengambil Jurusan Hubungan Internasional untuk tahun ajaran 2015/2016. Proses seleksi untuk mendapatkan beasiswa ini terbilang sederhana, hanya saja mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan dengan self-control yang baik lebih diperhitungkan dalam penilaian LPDP, sesuai dengan visinya yaitu untuk mempersiapkan pemimpin masa depan.
LPDP sendiri merupakan sebuah lembaga pengelola dana pendidikan yang didirikan oleh Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberikan beasiswa berupa dana pendidikan dan living cost untuk mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang S2 dan S3 baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Proses seleksi untuk mendapatkan beasiswa ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap seleksi administrasi, tahap wawancara, dan terakhir tahap group discussion. Beasiswa LPDP ini tidak menuntut alumninya untuk kembali lagi ke Indonesia setelah mereka mendapatakan gelar magister maupun doktor. Kursi beasiswa yang disediakan LPDP pertahunnya cukup besar, yaitu 10.000 kursi tiap tahun. Dengan adanya beasiswa LPDP ini diharapkan muda mudi civitas akademika di Indonesia bisa menjadi pemimpin masa depan bangsa yang berkualitas dan bisa mengelola negara Indonesia dengan bijak dan terampil.
“Tentu saja saya bersyukur dan merasa memiliki tanggung jawab yang sangat besar dengan menerima beasiswa ini, karena beasiswa ini berasal dari uang rakyat Indonesia. Dengan uang ini saya bisa berdikari melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Prestasi yang saya dapatkan ini tidak luput dari doa kedua orangtua saya”, tutup lulusan terbaik HI UMY tahun 2013 ini.
(dini,maman,diah)